Posted in Makaryo

Hal yang indah dalam pekerjaan (part2)

Suatu saat, ditengah “kegalauan” saya menyesuaikan diri di tempat kerja baru: saya menangis sepulang kerja. Dibahu suami saya, saya senderan (edisi sinetron banget). Saya mengeluhkan budaya kerja di kantor yang berbeda sekali dari yang pernah saya alami di tempat kerja sebelumnya.

Sebelum kerja di tempat yang sekarang, saya sudah pindah kerja sebanyak 3 kali. Di 3 kota yang berbeda. Di ketiga tempat itu, budayanya mirip meskipun posisi yang saya pegang beda-beda.

Di kantor yang sekarang, seakan berbalik 180 derajad.

Saya waktu itu mengeluhkan berbagai hal. Banyak sekali keluhan saya. Sampai suami saya menasehati saya begini:

“Jika kamu kerja hanya ingin mendapat pengakuan, maka kamu akan disibukkan dengan menyenangkan orang. Kamu akan capek sendiri, karena orang di dunia kerja itu bisa dengan mudah berubah-ubah. Sebaik apapun kamu kepada mereka, jika suatu saat kamu membuat mereka tidak senang, segala kebaikanmu tidak akan mereka ingat.

Bekerjalah sesuai dengan tugas mu. Tugas mu apa, itu kerjakan sebaik-baiknya. Mau orang memuji atau enggak. Masalah pengakuan, kan sudah dapat dari STIKI dan UGM. Dua lembaga itu lebih capabel untuk menilai kemampuan akademikmu tinimbang orang-orang dikantor. Di dunia kerja ada berbagai kepentingan.”

Lain waktu, suami saya bilang:

“Kamu itu orang baik. Tetaplah menjadi baik. Jangan berubah hanya karena perlakuan orang-orang di kantor. Karena masa hidup di kantor itu hanya sementara. Sedangkan, kepribadian baik itu tidak semua orang memilikinya.

Nah, yang ingin saya bilang di sini adalah, hal nomor 3 yang indah di dalam pekerjaan itu jika:

di saat-saat sulit, saat pusing karena urusan kerjaan, saat atmosfir di tempat kerja terasa sesak tanpa oksigen, tapi…. kita tahu kita punya tempat untuk “pulang”.

 

 

Author:

Just Me.

Leave a Reply

