Posted in Adventure

Mengunjungi Kotanya Sri Sultan (Part 2)

12 April 2016

Pagi yang luar biasa. Mengamati si cantik Jogja “bangun dari tidurnya”. Sejak sebelum subuh, saya sudah membuka jendela lebar-lebar. Pemandangan dari kamar ini sungguh cantik. Jendela saya menghadap ke salah satu bagian Stasiun Tugu. Saat masih senyap begini, saya bahkan bisa mendengar hiruk pikuk kesibukan di stasiun Tugu. Suara kereta lewat. Suara petugas peron mengarahkan kereta dan penumpangnya. Beruntung sekali saya, lokasi kegiatan kali ini di depan stasiun Tugu dekat persimpangan jalan Malioboro dan Mangkubumi.

Si cantik mulai menggeliat. Langitnya yang awalnya pekat, pelan-pelan membiru. Kombinasi warna fajar dan lampu-lampu yang masih belum dipadamkan. Sedikit demi sedikit seperti putri cantik membuka matanya dengan anggun. Saya jatuh cinta, sekali lagi padanya.

Suasana ini mengingatkan saya akan tahun-tahun tinggal di Jogja. Sepagi ini biasanya saya shalat subuh berjamaan bersama teman-teman di Annida, lalu kami akan membaca surat Al Waqiah bersama-sama. Saat sedang malas tingkat akut, saya akan men-skip ikut membaca Surat ini dan langsung berbaring di kasur lagi.

Konon katanya, membaca surat Al Waqiah di pagi hari bisa memperlancar rezeki. Terlepas dari itu,  saya rasa rezeki luar biasa saat itu, yang bodohnya baru saya sadari kini adalah: bisa bertemu dengan orang-orang yang satu pandangan. Bisa saling mengingatkan dan menginspirasi untuk jadi lebih baik.

Ya, teman-teman baik adalah rizki yang tidak kalah berharganya dengan uang. Karena saat manusia memiliki banyak uang, tapi merasa kesepian, itu juga bukan hal yang nyaman untuk dijalani.

Si cantik sudah benar-benar bangun. Aku melihat bus khas kota Jogja. Si hijau trans Jogja ini masih beroperasi rupanya. Selamat pagi Jogja…. Selamat beraktifitas.

Author:

Just Me.

Leave a Reply

